SMKN 1 Sragen – Website Official SMKN 1 Sragen

(0271) 891163

info@smkn1sragen.sch.id

Nemen: Kisah di Balik Lagu yang Menggetarkan Hati

Lagu Nemen dari grup musik GildCoustic langsung populer sejak pertama kali dirilis lebih tepatnya pada bulan Januari 2023, lagu ini sangat menarik perhatian dan menyentuh hati banyak pendengar dari berbagai kalangan. Grup musik ini dikenal dengan gaya musiknya yang khas dan lirik-liriknya yang mendalam. Namun, apa sebenarnya yang kisah di balik terciptanya lagu ini? Apa pesan yang ingin disampaikan oleh penciptanya kepada pendengar? Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas cerita di balik lagu Nemen dan makna mendalam yang terkandung di dalamnya.

Kisah di Balik Lagu Nemen dan Pesan Di Baliknya

Gildcoustic atau lebih tepatnya Gilga Sahid bersama personil lainnya yaitu Sufyan Baihaqi serta Indra Setiawan menciptakan lagu ini dengan mengungsung tema ketulusan hati dan perasaan yang begitu dalam. Gilga Sahid mengungkapkan bahwa lagu ini tercipta dari latar belakang kisah cinta pribadinya yang penuh duka. Dalam narasi lagu ini, menceritakan tentang hubungan percintaan seseorang yang mencoba memperjuangkan dan mempertahankan hubungannya, meskipun dihadapkan dengan pengkhianatan sang kekasih. Namun, dalam kenyataannya meski telah melakukan segala upaya untuk mempertahankan ikatan itu sang kekasih memutuskan untuk meninggalkan hubungan tersebut dan pergi meninggalkannya.

Gilga Sahid menyampaikan bahwa pengalaman pahit ini menjadi inspirasi utama dalam penciptaan lagu Nemen yang diharapkan dapat menyentuh hati para pendengarnya yang mungkin mengalami hal serupa. Dari mulai bait yang pertama sampai terakhir, semua berisi tentang kisah pilu perjalanan cintanya. Gilga Sahid menjelaskan satu per satu kisah dari masing-masing bait lagu. Dalam lirik pertama lagu Nemen, Gilga menggambarkan situasi di mana dirinya merasa bahwa cintanya kepada sang kekasih adalah yang paling utama. Namun, dia merasa kekasihnya tidak memahami atau tidak menghargai hal tersebut. Kekasihnya mungkin tidak menyadari bahwa Gilga memperlakukannya sebagai nomor satu dalam hati Gilga. Karena kurangnya pemahaman tersebut, dengan mudahnya sang kekasih melanggar janji dan menyakiti hatinya.

Pada lirik kedua, Gilga Sahid mengungkapkan bahwa kesetiaannya tak terbatas terhadap sang kekasih. Dia menegaskan bahwa usaha untuk membuat kekasihnya bahagia tidak pernah kurang. Bahkan, kasih sayangnya telah mencapai puncak. Gilga juga mengakui bahwa cintanya begitu mendalam sehingga dia merasa seperti budak cinta, menunjukkan betapa kuat pengaruh sang kekasih atas dirinya. Pada lirik ketiga dari lagu tersebut, Gilga Sahid menceritakan yang mengetahui terlebih dahulu bahwa kekasihnya berselingkuh adalah seorang teman dekat Gilga. Teman tersebut yang melihat kekasih Gilga keluar dari hotel bersama seorang pria lain, kemudian mengumpulkan bukti dengan meminta rekaman CCTV dari pihak hotel dan menunjukkannya kepada Gilga.

Lirik selanjutnya menunjukkan bahwa, meskipun Gilga Sahid telah mengetahui tentang perselingkuhan tersebut, ia masih memberikan kesempatan kepada kekasihnya. Gilga Sahid merasa terpukul saat mengetahui bahwa sang kekasih justru marah-marah. Ini membuat dirinya berasumsi bahwa hubungan mereka tidak lagi diinginkan oleh sang kekasih. Namun, meskipun Gilga merasa kecewa, ia masih sangat mencintai kekasihnya dan bersedia melakukan segala yang diperlukan untuk memperbaiki hubungan mereka.

Dalam lirik kelima lagu yang dibawakan Gilga Sahid, tergambar perasaannya yang mengatakan bahwa ia tak masalah untuk berjuang sendirian, selama sang kekasih bahagia pada akhirnya. Namun, keputusan kekasihnya justru membuat Gilga Sahid semakin terpukul. Sang kekasih memilih untuk berpisah dan pergi bersama dengan selingkuhannya, lalu menyatakan bahwa ia ingin bersama dengan orang lain dan tidak lagi bisa bersama dengan Gilga Sahid. Lewat lirik-lirik yang terungkap dalam lagu Nemen karya Gilga Sahid, dari bait pertama hingga akhir, kita dihadapkan pada lirik-lirik yang mengungkapkan upaya yang jelas untuk memperjuangkan hubungannya melalui melodinya yang penuh dengan perasaan. 

Gildcoustic ingin menyampaikan bahwa cinta sejati membutuhkan keberanian yang mendalam, serta tekad yang kuat untuk mempertahankannya. Melalui lagu ini, grup musik Gildcoustic mengajak pendengar untuk menemukan keberanian dalam diri mereka, untuk tidak takut mencintai dan untuk berjuang demi cinta yang mereka yakini sebagai sesuatu yang suci dan bernilai. Pesan yang disampaikan dalam lagu Nemen melampaui sekadar kata-kata, itu adalah panggilan untuk memiliki keyakinan diri yang kokoh, untuk menerima tantangan hidup, dan untuk menghadapinya bersama orang yang dicintai. Lagu ini membangkitkan semangat, menginspirasi, dan memberikan kekuatan bagi mereka yang mendengarkannya. Segera coba mainkan chord lagu Nemen dan biarkan dirimu terhanyut dalam alunan melodi yang penuh makna, dan lirik yang menyentuh hati.

Didukung Oleh :