SMKN 1 Sragen – Website Official SMKN 1 Sragen

(0271) 891163

info@smkn1sragen.sch.id

Apa itu Gaya Belajar Kinetik dan Ciri-Ciri Siswa Gaya Belajar Kinetik

Pembelajaran adalah suatu hal penting yang wajib diberikan kepada semua anak. Manfaat dari sebuah pembelajaran, mereka akan mengetahui sebuah informasi. Dengan adanya berbagai gaya pembelajaran, pastinya akan memberikan dampak positif guna mempercepat pembelajaran anak.

Lalu apa saja gaya belajar yang bisa diterapkan? Baik kita simak untuk penjelasannya.

Gaya Belajar Kinetik

Gaya belajar Kinetik yaitu gaya belajar anak yang melibatkan atau menggunakan gerakan tubuh. Gaya belajar kinetik membutuhkan sebuah alat peraga atau dengan kata lain media permainan guna mempermudah belajar anak. Oleh karena itu, izinkan anak untuk belajar menggunakan anggota tubuhnya. Karena, belajar dengan menggunakan gerakan dapat mempercepat menyerap pengetahuan atau pelajaran. Drama dan role play bisa Anda terapkan untuk mempermudah daya ingat untuk materi yang diajarkan.

Anak biasanya mempunyai kecenderungan satu gaya belajar kuat, akan tetapi juga ada anak yang bisa menggabungkan gaya belajar dari dua atau bahkan tiga gaya sekaligus. Dengan demikian, orang tua perlu untuk memfasilitasi kebutuhan untuk belajar anak dengan mengikuti tipe atau gaya belajarnya.Berikut ini perbedaan dari gaya belajar auditori dan gaya belajar visual yaitu

Gaya dari Belajar Auditori

Gaya dari belajar auditori yaitu anak bisa belajar dengan cara mendengarkan supaya mengingat dari petunjuk lisan dengan mengucapkan atau menyanyikan. Anda dapat memberi arahan secara lisan untuk anak Anda dengan memberikan suatu materi untuk dieja. Anda bisa melakukan gaya belajar ini dengan cara melatih anak untuk mengucapkan petunjuk tertulis serta membacanya dengan menggunakan suara keras. Belajar secara diskusi dapat memudahkan dan mempercepat proses pemahaman dari konsep pembelajaran yang diberikan. Oleh karena itu, ajaklah teman-temannya untuk belajar bersama-sama. Bantu anak untuk mengingat materi seperti musik atau lagu.

Gaya dari Belajar Visual

Gaya belajar visual berbeda dengan gaya auditori. Gaya belajar satu ini dilakukan dengan cara mengamati atau melihat suatu materi pembelajaran. Anak biasanya melibatkan setiap hal untuk dipelajari dari sesuatu yang ia lihat. Untuk dapat menerapkan belajar dari visual ini, perlu sediakan sebuah kertas warna-warni dan spidol warna-warni untuk membuat berbagai macam tulisan dan gambar. Biarkan anak membuat suatu coretan-coretan saat ia sedang mendengarkan pengarahan atau saat ia sedang belajar. Oleh karena itu, Anda perlu memfasilitasi seperti alat peraga atau gambar guna memudahkan anak untuk lebih cepat memahami suatu konsep pembelajaran.

Ciri-ciri Siswa dengan Gaya Belajar Kinetik

Seorang anak yang mempunyai gaya belajar kinetik adalah anak yang mempunyai ciri khas tersendiri. Dari ciri khas anak tersebut akan kelihatan bahwa dirinya sedang mempelajari materi baik dirumah maupun disekolah. Beberapa ciri khas yang sering kali ditemukan dari anak yang mempunyai gaya belajar kinetik yaitu:

1. Cara Berbicaranya Biasanya Pelan

Berbicara secara pelan adalah suatu ciri khas yang paling sering ditemukan pada anak yang mempunyai gaya belajar kinetik. Istilah dari berbicara pelan bukan berarti anak tersebut merasa santai, akan tetapi menandakan bahwa ia selalu berpikir saat ia ingin berbicara. Dari keunikan tersebut biasanya ia selalu berbicara dengan menghadap ke bawah.

2. Mempunyai Kemampuan Cara Menghafal Yang Unik

Mempunyai kemampuan cara menghafal yang unik merupakan salah satu ciri khas seorang anak yang mempunyai gaya belajar kinetik. Ketika sedang menghafal atau mengingat materi yang sedang ia pelajari, anggota tubuh dari anak tersebut ikut bergerak seperti tangan dan kepala. Tidak hanya melalui gerakan, biasanya anak tersebut menghafal dengan cara melihat lihat disekitar atau sambil berjalan-berjalan

3. Pandai Saat Bercerita Kepada Temannya

Salah satu ciri khas yang dimiliki seorang anak dari gaya belajar kinetik yaitu ketika ia sedang bercerita kepada teman-temannya. Dari hal ini menandakan bahwa anak tersebut memiliki kemampuan berbicara serta memiliki daya ingat yang kuat.

4. Sangat Aktif Ketika Pembelajaran

Sangat aktif ketika ada pembelajaran menandakan anak tersebut memiliki keingintahuan yang tinggi. Anak yang aktif biasanya selalu bertanya jika ia belum tahu dan dapat mempraktikan kepada teman-temannya seperti menunjukan suatu objek.

5. Tidak Mudah Terganggu Terhadap Keramaian

Seorang anak yang mempunyai gaya belajar kinetik akan tidak mudah untuk terganggu terhadap keramaian atau kemunculan. Ia akan tetap nyaman dan rileks dengan apa yang sedang ia kunjungi.

6. Jarinya Sbagai Alat Tunjuk Ketika Sedang embaca

Anak yang menyukai jarinya menjadi alat tunjuk ketika sedang membaca merupakan karakteristik yang memiliki gaya atau tipe belajar satu ini. Cara membaca dengan jari akan membantunya untuk meningkatkan konsentrasi dalam pembelajaran.

Itulah penjelasan mengenai gaya belajar kinetik beserta dengan gaya belajar auditori dan visual. Gaya belajar ini bisa Anda terapkan langsung disekolah maupun dirumah guna mempercepat pemahaman serta meningkatkan daya ingat anak.

Didukung Oleh :