SMKN 1 Sragen – Website Official SMKN 1 Sragen

(0271) 891163

info@smkn1sragen.sch.id

Apa itu Demand Pull Inflation yang Membedakan dengan Cost Push Inflation dan Apa Faktor Penyebabnya

Sebelum mengulas definisi dan faktor penyebab dari demand pull inflation dengan cost push inflation, mari sedikit kita mengulas tentang istilah inflasi. Inflasi merupakan sebuah peristiwa kenaikan harga barang yang secara terus menerus sehingga mengakibatkan daya beli masyarakat menurun. Inflasi ini terjadi karena dari segi penawaran dan juga permintaan ekonomi dari kedua kombinasi tersebut.

Mari kita simak lebih lanjut mengenai apa itu demand pull inflation yang membedakan dengan cost push inflation dan apa faktor penyebabnya.

Demand Pull Inflation

Demand pull inflation atau inflasi tarikan permintaan adalah salah satu jenis inflasi yang disebabkan karena permintaan barang atau jasa secara berlebihan sehingga harga menjadi berubah.

Meski permintaan barang dan jasa itu sangat tinggi namun produsen harus bisa dan mampu untuk memenuhi semua permintaan konsumen yang banyak tersebut. Permintaan yang tinggi dapat menyebabkan harga menjadi naik dan berkurangnya cadangan barang tersebut. Harga menjadi lebih tinggi karena permintaan yang melebihi dari penawaran.

Dan selain itu pengeluaran yang meningkat dapat memperbaiki perekonomian, tetapi hal bisa bisa menimbulkan barang menjadi langka dan akan terjadi inflasi.

Perbedaanya dengan Cost Push Inflation

Demand pull inflation dengan cost push inflation merupakan suatu peristiwa yang sedikit sama, tetapi kedua inflasi ini akan bekerja dalam sistem yang berbeda.

Demand pull inflation terjadi karena penyebab dari naiknya harga, sementara dengan cost push inflation terjadi ketika kejadian inflasi sudah terjadi dan menghentikannya sulit.

Ketika kenaikan harga produksi misalnya upah dan harga bahan baku akan menjadi beban untuk konsumen kemudian akan disimpan dengan harga barang atau jasa menjadi lebih tinggi.

Jadi secara sederhana bisa dibedakan antara cost push inflation dengan demand pull inflation yakni:

  • Demand pull inflation penyebabnya yaitu permintaan barang atau jasa, yang tidak memenuhi peningkatan dari penawaran barang atau jasa tersebut.
  • Sementara dengan cost push inflation disebabkan karena naiknya harga faktor produksi sehingga menyebabkan produsen mengalami pengeluaran peningkatan yang menurunkan penawaran.

Penyebab dari Demand Pull Inflation

Pada umumnya demand pull inflation merupakan peristiwa yang sudah meluas. Maknanya, apabila permintaan para konsumen telah melebihi penawaran dari barang yang disediakan, maka akan terjadi inflasi demand pull inflation dan meningkatnya semua biaya kehidupan.

Jenis inflasi ini adalah salah satu prinsip dari ekonomi keynesian, yang menggambarkan akibat dari ketidakseimbangan antara permintaan dan juga penawaran. Dibawah ini ada beberapa faktor penyebab terjadinya demand pull inflation:

1. Meningkatnya Permintaan dari Konsumen

Inflasi akan terjadi ketika meningkatnya permintaan barang atau jasa dari konsumen. Permintaan yang tinggi akan menjadi agregat demand secara berlebihan. Dan peningkatan permintaan ekspor akan memaksa untuk menurunkan harga secara tiba tiba.

2. Peningkatan Belanjaan Pemerintah

Ketika pemerintah akan menambahkan belanjaan maka akan meningkatkan pengeluaran belanjanya, sehingga menyebabkan harga akan menjadi naik.

3. Inflasi Ekspektasi

Inflasi ekspektasi terjadi karena perbuatan para masyarakat yang mengatakan jika situasi ekonomi di masa depan akan lebih baik lagi. Tetapi sebaliknya situasi ekonomi dimasa depan akan terjadi inflasi biaya produksi atau inflasi permintaan. Inflasi ini tidak bisa dideteksi sebab peristiwa ini tidak terlalu dipentingkan.

4. Uang yang Beredar Lebih Tinggi

Ketika uang yang beredar di masyarakat totalnya lebih banyak jika dibandingkan dengan yang dibutuhkan maka ini salah satu penyebab dari demand pull inflation. Peristiwa ini akan terjadi kenaikan sampai 100 persen karena disebabkan beredarnya uang yang naik secara otomatis.

5. Pertumbuhan Sebuah Ekonomi

Saat konsumen akan belanja dengan uang yang lebih banyak atau akan memilih berhutang hal ini akan menyebabkan peningkatan permintaan yang stabil sehingga kan mempunyai nilai harga yang lebih tinggi.

Itulah sedikit ulasan mengenai apa itu demand pull inflation yang membedakan dengan cost push inflation dan apa faktor penyebabnya. Jadi perbedaanya jika demand pull inflation terjadi karena adanya peningkatan permintaan dari konsumen yang berlebihan. Sedangkan cost push inflation disebabkan karena kenaikan harga dari faktor produksi. Jadi itulah perbedaanya. Semoga bermanfaat.

Didukung Oleh :